Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

 
 

Tentang Kami


Keberadaan Koperasi Haniva mencita-citakan terwujudnya sila ke-2 Pancasila yaitu "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab". artinya segala upaya yang dilakukan dalam aktifitas Koperasi Haniva diarahkan untuk menujudkan adanya sebuah kehidupan dunia yang bersifat humanis (kemanusiaan) dengan perekonomian yang adil dan penuh dengan peradaban.


Terciptanya suatu masyarakat sebagai kumpulan manusia yang adil dan berperadaban adalah cita-cita setiap negara, tak terkecuali Indonesia. Keadilan dan peradaban bukanlah dua hal yang mudah atau gampang untuk diwujudkan. Untuk mewujudkan keduanya diperlukan sebuah komitmen bersama segenap warga secara konsekwen dan sungguh-sungguh. Realitas yang ada hingga kini di Indonesia masih menunjukkan tindakan yang belum optimal. Kenyataan bahwa golongan kaya semakin kaya, dan golongan miskin tetap miskin masih menjadi fenomena yang belum beranjak baik.


Memang tak dapat dipungkiri bahwa keadilan dalam bidang ekonomi di negara kita belum terwujud sebagaimana yang diharapkan. Pancasila dan UUD 1945 telah menegaskan hal itu, namun segala upaya untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan tanggung jawab bersama setiap warga negara. Salah satu aspek dari keadilan sosial adalah keadilan di bidang ekonomi.


Implementasi dari sila Kemanusiaan yang adil dan beradab dalam bidang ekonomi mempunyai arti di antaranya;

  1. Adanya pengakuan terhadap persamaan hak dan kewajiban antara sesama warga masyarakat.
  2. Saling mencintai sesama warga masyarakat.
  3. Adanya upaya untuk mengembangkan sikap tennggang rasa.
  4. Hilangnya sikap kesewenang-wenangan terhadap orang lain.
  5. Adanya pembelaan terhadap kebenaran.
  6. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
  7. Hormat-menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain.


Nilai-nilai tersebut diatas dapat diaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan ekonomi yaitu:

  1. Distribusi pendapatan dalam suatu kegiatan usaha sesuai dengan hak dan kewajiban serta kedudukan masing-masing.
  2. Membantu pekerja yang lemah baik melalui bimbingan keterampilan maupun dalam bentuk material.
  3. Gemar memberikan sebagian rezekinya kepada orang lain
  4. Mengakui bahwa keberhasilan suatu usaha atas kerja semua pihak
  5. Menghormati rekan kerja serta menjamin hubungan baik antara orang-orang yang terlibat dalam komunitas produsen dengan konsumen.


Untuk konteks inilah, KSPPS Haniva hadir di tengah-tengah masyarakat. 10 tahun telah berlalu. upaya itu belum padam, dan akan masih terus digelorakan sebagai cita-cita luhur seluruh steakholdernya. Oleh karenanya, segenap keluarga KSPPS Haniva mengajak seluruh masyarakat untuk terus berupaya mencapai cita-cita tersebut. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memudahkan seluruh aktitas ini.

 

Visi Misi

Visi

Menjadi koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah terdepan dalam pengembangan usaha kecil di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Misi


  • Memberikan pembiayaan dalam bentuk modal kerja dan sarana usaha bagi usaha kecil (mikro).

  • Memberikan motivasi dan pendampingan pengelolaan (manajemen) bagi usaha kecil.

Sejarah

KSPPS HANIVA berdiri pada tahun 2007 dan bergerak di sektor simpan pinjam dengan pola syari'ah. Sebagai bentuk pelayanan Simpanan, KSPPS Haniva menghimpun dana dari anggota dalam berbagai bentuk, baik berjangka maupun umum harian. Sedangkan dalam hal Pinjaman, KSPPS Haniva berfokus pada pelaku usaha mikro dan kecil (UMKM) dengan berbagai sektor ekonominya. Adapun sektor-sektor yang dibiayai sebagian besar adalah para pedagang dan industri rumah tangga. Untuk meningkatkan pelayanan di sektor pinjaman, KSPPS Haniva juga menjalin bekerja sama dengan berbagai lembaga keuangan baik perbankan maupun koperasi primer dan skunder. Memasuki era digital yang cenderung distruftif ini, KSPPS Haniva terus berbenah dalam pendampingan masyarakat baik yang anggota maupun secara umum. Salah satu upaya yang digencarkan adalah dengan mendorong seluruh steakholder untuk menggunakan teknologi. Dengan upaya ini diharapkan generasi millennial saat ini juga dapat mengakses keadilan dibidang ekonomi dengan tujuan menjadi UKM yang handal dan mampu memenuhi tuntutan perkembangan teknologi bisnis terkini..

 

Leadership

KSPPS Haniva dipimpin oleh Pengurus yang energik dan visioner untuk memodernisasi koperasi yang bergerak di sektor mikro ekonomi dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih inklusif berbasis teknologi.
 

Assalamualaikum ! Klik di bawah ini ya, Jika kami sedang offline, kami akan menghubungi Anda pada jam kerja 08:00 - 15:00 WIB. Terimakasih.